Prasarana Kampung Pepas Eheng


PRASARANA
Prasarana Pemerintahan Kampung
Prasarana Pemerintahan kampung adalah Kantor Kepala Kampung Satu Atap.

Prasarana Ekonomi
             Prasarana ekonomi merupakan pengembangan usaha masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan masyarakat, serta membantu mempercepat proses kemandirian masyarakat untuk membangun kampung ini.
              Unit usaha yang terdapat di Kampung Pepas Eheng cukup beragam, 3 unit pasar , 4 unit shorum (kerajinan rotan), 3 unit kios kerajinan rotan, 1 unit kios mandau tampilan, 6 kios warung makanan, 7 kios warung sembako, Kampung Pepas Eheng memiliki 1 perusahaan batu spliet.Hal ini mengindikasikan bahwa potensi ekonomi di Kampung Pepas Eheng cukup berkembang sama dengan kampung lain.

Prasarana Pendidikan
Keberdayaan lembaga pendidikan sangatlah penting dalam upaya mencerdaskan masyarakat. Kampung Pepas Eheng sendiri memiliki prasarana pendidikan. Mulai dari TK sampai SMP.
Di kampung Pepas Eheng terdapat jenjang pendidikan formal dan informal. Untuk jenjang pendidikan informal meliputi TK  1 unit, PPA 1 unit. Untuk jenjang pendidikan formal terdapat 3 unit SD, 3 unit SMP.
Prasarana Peribadahan
             Keberadaan prasarana peribadahan di tengah – tengah masyarakat sangatlah diperlukan mengingat kebutuhan rohani bagi setiap penduduk sebagai pemeluk agama. Berikut ini prasarana peribadahan yang terdapat di Kampung Pepas Eheng.
Kampung Pepas Eheng memiliki tempat ibadah sebagai sarana penujang warganya untuk beribadah. Sarana tersebut meliputi 1 unit gereja Katholik dan 2 unit gereja Kristen. Diketahui bahwa akses untuk mencapai tempat ibadah dengan rumah – rumah penduduk sangat terjangkau, sehingga lebih mudah beribadah.

Prasarana Olahraga
          Olahraga merupakan suatu kegiatan menyenangkan dimana semua anggota badan bergerak berirama. Dari anak – anak, remaja, orang dewasa sampai para manula pun gemar berolahraga . Berikut ini adalah prasarana yang ada di Kampung Pepas Eheng.
Di Kampung Pepas Eheng memiliki 1 unit lapangan sepakbola, 1 unit lapangan Volly, 1 gedung olahraga ( Sepak Takraw dan Tenis Meja ) untuk menunjang kegiatan olahraga di Kampung Pepas Eheng.

Prasarana Kesehatan
          Pengembangan kesehatan masyarakat menyangkut seluruh aspek kehidupan. Tingkat kesejahteraan masyarakat dapat diukur salah satunya dari keberhasilan pembangunan dan pengembangan kesehatannya. Prasarana kesehatan merupakan tempat untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam rangka mewujudkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Berikut merupakan distribusi fasilitas kesehatan yang terdapat pada wilayah Kampung Pepas Eheng
Fasilitas kesehatan di wilayah Kampung Pepas Eheng hanya 1 unit Puskesmas Pembantu , 1 unit posyandu, 1 unit toko obat.

Prasarana Transportasi
        Prasarana transportasi merupakan sarana penunjang untuk memudahkan penduduk Kampung Pepas Eheng melakukan aktivitas sehari – hari dengan menggunakan kendaraan darat. Penggunaan sarana transportasi tergantung dari kebutuhan masyarakat. Berikut diagram Yang menunjukkan ketersediaan jenis transportasi di Kampung Pepas Eheng,
NO
Jenis Kendaraan
Jumlah
1
Sepeda Motor
353          Unit
2
Mobil
28            Unit
3
Mobil Dinas
1              Unit
4
Truck
6              Unit


EmoticonEmoticon