Profil Kampung Pepas Eheng



Latar Belakang

Kampung Pepas Eheng merupakan salah satu dari 21 kampung yang ada di wilayah kecamatan Barong Tongkok  Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur. Akses jalan menuju Kampung Pepas Eheng dalam keadaan baik ( aspal ) . Tidak membutuhkan waktu lama dari kabupaten untuk menuju ke Kampung Pepas Eheng. Jarak tempuh dari  Kecamatan Barong Tongkok  menuju ke kampung Pepas Eheng adalah 18 KM dan dapat ditempuh dalam kurun waktu 20 – 30 menit saja. Begitu pula dari Ibukota Kabupaten Kutai Barat yang mana jaraknya adalah 18 Km dan dapat di tempuh hanya dalam kurun waktu 20 – 30 menit saja. Adapun batas-batas wilayah Kampung Pepas Eheng.

Batas Kampung
Batas Utara
 : Kampung Balok Asa
Batas Selatan
 : Kampung Mencimai
Batas Timur
 : Kampung Engkuni Pasek
Batas Barat
 : Kampung Muut dan Awai Kec. Nyuatan

Kampung Pepas Eheng terletak pada wilayah dataran tinggi. Iklim Kampung Pepas Eheng, Sebagaimana kampong-kampung lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Kampung Pepas Eheng.

Visi dari Kampung Pepas Eheng Kec. Barong Tongkok

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Kampung Pepas Eheng ini dilakukan dengan pendekatan partisipasif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Kampung Pepas Eheng seperti aparat pemerintah kampong, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat, lembaga adat dan masyarakat desa pada umumnya. Pertimbangan kondisi eksternal di kampong seperti satuan wilayah kerja pembangunan di Kecamatan. Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Kampung Pepas Eheng

“Mewujudkan Masyarakat yang Froduktif, Mandiri, Sehat berbasiskan Budaya Lokal”

Misi dari Kampung Pepas Eheng Kec. Barong Tongkok


Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat suatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh kampung agar tercapainya visi kampung tersebut. Visi berada diatas misi. Pernyataan visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan. Sebagaimana penyusunan visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipasif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan kampung, sebagaimana proses yang dilakukan misi kampung Pepas Eheng.
  • Peningkatan dan gerakan perubahan kualitas pelayanan pengurus kampung
  • Bekerja sama bahu membahu antara pengurus kampung untuk pelayanan terhadap masyarakat kampung pepas eheng
  • Meningkatkan kegotong royongan di kampung pepas eheng
  • Keterbukaan/transparasi terhadap anggaran dan kebijakan yang diambil umtuk kampung pepas eheng
  • Peningkatan ekonomi kerakyatan yang diprioritaskan melalui sector-sektor pertanian, perkebunan, dan industry rumah tangga
  • Berperan aktif bersama generasi muda sebagai generasi penerus di dalam pembangunan kampus pepas ehen
  • Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi


Sejarah Kampung Pepas Eheng Kec. Barong Tongkok

Kampung Pepas Eheng merupakan salah satu Kampung yang ada di kecamatan Barong Tongkok  Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur. Kampung Pepas Eheng dulu tidak terletak pada lokasi yang sekarang melainkan terletak di Pepas. Pepas adalah Kampung yang didirikan pada dataran tinggi yang dalam bahasa Benuaq disebut Luntuq Tetetn Mooq pada tahun 1950. Kampung Pepas dipimpin seorang Petinggi yang bernama Ali Gerung  bergelar Yuda Karti . Kampung Pepas terdapat 1 unit lamin dan 27 bangunan yang dibangun secara pribadi oleh masyarakat. Matapencarian penduduk kampung Pepas adalah bertani, dengan sistim berladang yang berpindah – pindah. Masa kepemimpinan petinggi kampung Pepas hanya 10 tahun  yang berakhir pada tahun 1960, hal ini dikarenakan ketersediaan air sangat jauh dari pemukiman penduduk hingga berangsur – angsur penduduk kampung Pepas pindah ke pemukiman yang baru dengan tujuan utama berladang, sebagian juga penduduk kampung Pepas pindah ke kampung Engkuni Pasek. Karena semakin banyak penduduk di pemukiman baru maka pada tahun 1967 dibentuklah kampung dan diberi nama Pepas Eheng. Mengapa Pepas Eheng karena penduduk yang ada berasal dari kampung Pepas sedangkan Eheng adalah nama sungai kecil bagian Timur kampung . digabungkan menjadi Pepas Eheng. Kampung Pepas Eheng di pimpin oleh Petinggi yang bernama Y.Badong .BK. Beliau memimpin selama 3, 5 tahun yang berakhir pada tahun 1971. Seiring berjalannya waktu kampung Pepas Eheng dipimpin oleh beberapa Petinggi.


1     Y.F.BADONG.BK tahun  (1968 – 1971 )
2.      ELIAS GANI.RN tahun (1972-1992 )
3.      ALEXANDER DIPEN tahun tahun (1992 – 2003)
4.      KLEMENTINUS LIUP tahun (2003 – 2008)
5.      DIOMEDES MUIS, SH tahun  (2008 – 2013)
6.      EMILIANA, SE  tahun (2013 – 2015)        
7.      NERUS tahun (2015 hingga sekarang ini)

KONDISI UMUM KAMPUNG

Kondisi Geografis

Secara    geografis  Kampung   Kampung Pepas Eheng terletak  di antara dua Kecamatan . Yaitu Kecamatan Barong Tongkok dan Kecamatan Nyuatan dengan batas wilayah : 
         Sebelah Utara                        : Kampung Balok Asa
         Sebelah Timur                       : Kampung Mencimai
         Sebelah Selatan                     : Kampung Engkuni Pasek
         Sebelah Barat                        : Kampung Muut dan Kampung Awai     
Sedangkan luas wilayah Kampung Pepas Eheng mencapai 32,2 Km yang terdiri dari terdiri dari 4 ( Empat ) RT

Tingkat Aksebilitas

Akses jalan menuju kampung Pepas Eheng tergolong cukup baik, sepanjang jalan kampung ini masih banyak dikelingi hutan – hutan  sehingga suasana di kampung ini masih sangat sejuk dan dingin ketika malam hari. Tidak membutuhkan waktu lama dari ibukota kecamatan dan ibukota kabupaten menuju kampung Pepas Eheng. Ditinjau dari orbitasi Kampung Pepas Eheng :            
Jarak ke ibukota kecamatan                        : 20 Km
Lama tempuh ke ibukota kecamatan          : 30 Menit
Kendaraan umum ke ibukota kecamatan   : -
Jarak ke ibukota kabupaten                         : 18 Km
Lama tempuh ke ibukota kabupaten           :  30 Menit
Dapat ditempuh  dengan menggunakan transportasi roda 4 dan roda 2 dengan keadaan dan kondisi jalan yang baik.

Gambaran Umum Demografis


Jumlah penduduk Kampung Pepas Eheng Tahun 2018 mencapai 957 jiwa dengan klasifikasi penduduk laki – laki sebanyak 505 jiwa atau 52,76 % dan jumlah penduduk perempuan  sebanyak 452  jiwa atau 47,23 %. Jumlah Kepala Keluarga 289 jiwa. Kampung Pepas Eheng ini juga merupakan kampung yang menjadi destinasi wisata oleh para turis baik turis local maupun turis dari mancanegara karena memilik objek wisata seperti lamin adat dan juga kerajinan anyaman yang ada di dalam kampung.

Keadaan Topografi
Secara umum keadaan topografi Kampung Pepas Eheng adalah dataran  dengan ketinggian rata-rata 98,85 meter di atas permukaan laut.  dan  merupakan daerah pertanian dan perkebunan sehingga sangat cocok untuk pengembangan dan pembukaan lahan pertanian dan perkebunan. Kampung Pepas Eheng mempunyai propespek untuk dijadikan areal pertanian dan perkebunan dalam skala besar seperti karet, kelapa sawit dan singkong gajah. Sehingga sangat memungkinkan untuk menjadikan Kampung yang mandiri dan masyarakatnya dapat mencapai taraf hidup yang sejahtera seperti kampung – kampung yang lain.

 Iklim
Kampung Pepas Eheng  tergolong beriklim Tropika Humida. Sehingga jenis-jenis tanah yang terdapat di daerah inipun tergolong kedalam tanah yang bereaksi asam. Karakteristik iklim Kampung Pepas Eheng memiliki kisaran curah hujan cukup tinggi. Temperatur minimum umumnya terjadi pada Bulan Oktober sampai dengan Januari sedangkan temperatur maksimum terjadi antara Bulan Juli sampai Agustus. Daerah beriklim seperti ini tidak mempunyai perbedaan yang jelas antara musim hujan dan musim kemarau, meskipun pada saat tertentu terjadi musim kemarau panjang. Pada Musim Angin Barat, hujan turun sekitar Bulan Agustus sampai dengan Maret. Sedangkan pada Musim Angin Timur, hujan relatif kurang, terjadi pada sekitar Bulan April sampai dengan September sehingga terjadi musim kemarau.

Agama
Agama yang dianut oleh warga masyarakat adalah Katolik , Kristen dan Islam

Suku
Suku yang mendiami kampung Pepas Eheng sebagian besar adalah suku dayak Benuaq, terdapat juga suku dayak lainnya seperti Dayak Tunjung, Dayak Bahau, Dayak Auheng,Dayak Kenyah selain itu terdapat juga suku Manado, suku Jawa, suku Sunda, suku Bugis, suku Banjar, suku Kutai , suku Toraja dan suku Batak.
NEXT POST THIS OLDEST

3 komentar

avatar

Semoga dapat dikelola, ditingkatkan, dan diupdate lagi informasi seputar kampung pepas eheng

avatar

Alhamdulilah sudah maju. Pernah tinggal di desa ini 40 hari tahun 1994 di rumah Bapak Linus.


EmoticonEmoticon